Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaJATIMGRESIK NewsViral... Hati-hati Ribuan Ikan Mati Keracunan di Sungai Brantas, Tahun Ini Paling...

Viral… Hati-hati Ribuan Ikan Mati Keracunan di Sungai Brantas, Tahun Ini Paling Parah

 

Negesindonesia.com
Gresik – Jawa Timur
Fenomena ikan mati ribuan (ikan munggut) kembali terjadi di Sungai Brantas tahun ini adalah yang paling parah dibandingkan dua tahun yang lalu, ribuan ekor ikan ditemukan mati di sungai yang mengalir diantara Kabupaten Mojokerto, Gresik, Sidoarjo dan Surabaya itu Senin, 23/5/2022.

Yayasan Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah atau Ecological Observation and Wetlands Conservation (Ecoton) menyebut berdasarkan laporan warga ikan ditemukan mati hari ini Senin (23/5) sejak pukul 05.00 wib di desa cangkir hingga wilayah warugunung kota Surabaya, adapun jenis ikan yang ditemukan mati diantaranya ikan Rengkik, Keting, Bader, Nila dan Mujair.

Bermula dari seorang warga Desa Bambe Driyorejo Gresik, Habib mengatakan bahwa sekitar pukul 06.30 dirinya pergi mendatangi sungai setelah mendengar kabar dari pamannya bahwa telah banyak warga yang sudah berkumpul di lokasi. “Warga sudah banyak di lokasi. Munggut ini termasuk paling parah dan besar menurut saya setelah 2 tahun lalu karena tingkat cemarannya sampai ke bawah dan kontaminasi hingga ikan besarnya. Bau sungai amis seperti bau micin, aliran sungai sedikit berminyak dan lengket.” Ujarnya.

Baca Juga :  Fahri hamzah Minta Presiden Jokowi Berhentikan Menteri yang Mulai Kampanye Capres 2024

Menurut catatan Ecoton peristiwa seperti ini bukan kali pertama terjadi di Sungai Surabaya, peristiwa ini pasti datang setiap tahun dan tidak ada penyelesaian.

Diki Dwi Cahya, Manager Kampanye Ecoton Menyebutkan Bahwa kali ini cukup banyak ikan yang mati mulai dari ikan yang kecil bahkan yang sangat besar. Pihaknya menduga peristiwa ini akibat limbah industry karena jika dilihat dari dampaknya yang sangat besar bagi sungai dan kematian ikan yang sangat banyak.

Baca Juga :  IRWASUM POLRI CEK PROKES SERTA PENGAMANAN DI TEMPAT IBADAH DAN STASIUN

“Rengkik dan mujaer sangat besar sudah lama saya tak melihat tangkapan ikan sebesar ini selama beberapa tahun terakhir, berarti fenomena ikan mabuk ini sangat besar, menurut saya jika terus begini kelestarian lingkungan kali Surabaya bisa terancam serta membuat induk ikan akan mati dan bisa menyebabkan kepunahan.” Ujarnya, Selasa, 24 Mei 2022.

Ia menambahkan pihaknya juga meminta masyarakat untuk waspada dan berhati – hati dalam mengkonsumsi ikan mati hasil tangkapan. Ikan – ikan tersebut diduga terindikasi tercemar kandungan racun dan bahan berbahaya.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa Air Sungai Surabaya juga merupakan Bahan Baku PDAM Surabaya, Gresik dan Sidoarjo, Karena lokasi ikan munggut mendekati Intake PDAM Surabaya Hal itu akan mengakibatkan penurunan kualitas air sungai.

Baca Juga :  Survei Charta Politika : "Polri Lembaga Hukum Paling Baik Kinerjanya"

Seperti diketahui, Sungai adalah rumah ikan. Jika ikan ikan tersebut mati dalam kondisi yang tidak wajar dan dengan jumlah yang banyak, dikhawatirkan ikan ikan tidak dapat hidup dan terjadi kepunahan ikan. Peristiwa ikan mati massal akan terus terulang jika tidak ada upaya serius atau penegakan hukum bagi Industri yang membuang limbah cairnya.

“Jika Peristiwa ikan mati massal terus terulang, akan lebih baik membuat program pemulihan bersama dari pada mengambil Upaya Hukum Banding, tetapi Peristiwa Ikan Mati Massal terus terjadi.” Imbuhnya.

RELATED ARTICLES

39 KOMENTAR

  1. I think this is one of the most significant information for me.
    And i’m glad reading your article. But should remark on some general things,
    The web site style is perfect, the articles is really great
    : D. Good job, cheers

  2. Your style is unique in comparison to other folks I have read stuff
    from. I appreciate you for posting when you have the opportunity, Guess I will just book mark this site.

  3. Hello There. I found your blog using msn. This is a very well written article. I will be sure to bookmark it and come back to read more of your useful info. Thanks for the post. I’ll certainly return.

  4. excellent post, very informative. I wonder why the other specialists of this sector don’t notice this. You should continue your writing. I am sure, you’ve a great readers’ base already!

  5. Today, I went to the beach with my kids. I found a sea shell and gave it
    to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put the shell to her ear and screamed.
    There was a hermit crab inside and it pinched her ear.
    She never wants to go back! LoL I know this is totally off
    topic but I had to tell someone!

  6. May I simply just say what a relief to discover someone that really knows what they’re discussing over the internet.
    You definitely realize how to bring an issue to light
    and make it important. A lot more people really need to look at
    this and understand this side of the story. I can’t believe you are not more popular given that
    you most certainly possess the gift.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular