Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaJATIMGRESIK NewsSemarak HUT RI ke-77, Warga Dampaan Jaga Tradisi Leluhur Sedekah Bumi dan...

Semarak HUT RI ke-77, Warga Dampaan Jaga Tradisi Leluhur Sedekah Bumi dan Rebutan Tumpeng 7 meter | Negesindonesia

 

Gresik, Negesindonesia.com – Semarak memperingati HUT RI ke-77 warga desa Dampaan merayakan sekaligus menjaga tradisi peninggalan leluhur tanah jawa Sedekah Bumi dan bikin tumpeng raksasa setinggi 7,7 meter digelar dilapangan Dampaan Kec.Cerme Kab.Gresik Minggu, 28/8/2022.

Diacara sedekah bumi warga sangat antusias mengikuti prosesi rebutan tumpeng raksasa di lapangan Dampaan yang berisi nasi putih, nasi merah, nasi jagung dan aneka sayuran hasil bumi, tumpeng raksasa juga berisi uang dengan total jutaan rupiah.

Baca Juga :  Blusukan ke Kampung Bulak Banteng, Gubernur Khofifah Semarakkan Perayaan HUT Kemerdekaan Bersama Masyarakat | Negesindonesia

Sebelum berebut tumpeng, dilakukan prosesi kirab hasil tumpeng raksasa dari Lapangan Dampaan menuju kantor Desa.

“Dalam kirab, warga juga membawa aneka lauk pauk yang disantap bersama-sama di kantor desa,” kata Suharsono Kepala Desa Dampaan.

Tradisi turun temurun bisa membangkitkan rasa gotong royong solidaritas yang tinggi, harapannya kegiatan ini terus digelar agar bisa menjadi destinasi wisata desa yang menonjolkan potensi budaya dan kearifan lokal, sekaligus menjadi ajang silaturahmi antar warga desa, acara sedekah bumi juga di isi pembacaan istighosah dan sholawat.

Baca Juga :  Danu Anindhito Kapolsek Tandes Hadiri Upacara Detik-detik Kemerdekaan HUT RI ke-77 di SMPN 26 | negesindonesia

“Mudah-mudahan dengan adanya acara sedekah bumi warisan budaya leluhur tanah jawa warga Desa Dampaan dan sekitarnya selalu mendapatkan keberkahan hidup, tenang, tentram, seger waras serta selalu dalam Perlindungan Gusti Allah,” Ungkapnya.

“Kami senang banget bisa ikutan Semarak Kemerdekaan Sedekah Bumi, meskipun capek ngak akan terasa karena kita semua bahagia benar-benar Merdeka tahun ini karena 2 tahun kita tidak boleh kumpul-kumpul Pandemi Covid19,” kata emak-emak warga Dampaan.

Baca Juga :  Innalillahi Wa Innalilahi Rojiun, Telah Meninggal Dunia Prof. Dr. Azyumardi Azra Ketua Dewan Pers | Negesindonesia

Heboh, Meriah, Amazing, itulah yang terlihat dari seluruh rangkaian acara benar-benar Semarak Kemerdekaan HUT RI ke-77 warga desa dampaan penuh semangat, acara berjalan lancar tertib dan aman. (an)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular