oleh

MENGAPA KAMI MEMULAI GERAKAN GELORAKAN GEN 170 ?

Advertisements

 

Negesindonesia.com
Jakarta – Partai Gelora Indonesia dengan Ketua Umum Bapak Anis Matta hadir dengan cita-cita besar mewujudkan Indonesia menjadi kekuatan ke-5 dunia, cita-cita besar itu memerlukan persiapan yang tak kalah besar, salah satunya dalam pembangunan manusia seutuhnya Kamis, 23/12/21.

Salah satu indikator kuantitatif yang bisa dijadikan tolok ukur adalah tinggi badan, tinggi badan yang memadai adalah antitesis dari stunting atau tinggi badan kurang akibat kekurangan gizi pada masa krusial 1.000 hari pertama.

“Data menunjukkan tinggi rata-rata laki-laki orang dewasa di dunia kelahiran 1996 (atau sekarang berusia 25 tahun) adalah 171,28 cm, sementara perempuan 159,49 cm, Bangsa Indonesia memiliki gambaran yang berbeda, tinggi rata-rata laki-laki Indonesia kelahiran 1996 adalah 163,55 cm dan perempuan 152,8 cm,” kata Anis Matta.

“Para ahli menyepakati bahwa unsur ras dan genetika berperan dalam tinggi badan seseorang, tapi nutrisi dan lingkungan juga memainkan peran yang besar, terutama kecukupan gizi pada masa krusial, kekurangan gizi sejak dalam kandungan hingga masa pertumbuhan anak menghasilkan anak dengan tinggi tubuh kurang dari rata-rata pertumbuhan, atau yang disebut stunting atau tengkes,” Ungkapnya.

Baca Juga :  GELORAKAN GEN 170 DI RW 4 SIMOMULYO BARU, GUS MISBAH : "BUMIL RILEKS YA, SATU BUAH LAGU PERJUANGAN UNTUK IBU-IBU SEMUA"

Data terakhir yang tersedia (2019) menunjukkan prevalensi stunting Indonesia masih di angka 27,7%, di atas rekomendasi WHO 20%. Itu juga berarti masih ada 1 dari 4 kelahiran yang menghasilkan anak stunting, akibat dari kurangnya gizi dan perawatan serta pendampingan pada ibu hamil.

“Kondisi ini cukup mengagetkan di saat negara kita sudah masuk menjadi anggota G-20, yakni 20 negara dengan PDB terbesar di dunia, Inilah saat yang tepat mendorong agenda pembangunan manusia ketika Indonesia menjadi Presiden G-20,” tambahnya.

Baca Juga :  Kader GELORA Surabaya Langsung Action ke Masyarakat, Handoko : "Kasian mereka kesulitan urus surat pindah"

“Ini adalah agenda strategis jangka panjang membangun bangsa, di sini negara perlu hadir dan mengintervensi proses tumbuh kembang anak Indonesia sejak dalam kandungan, selain itu kolaborasi seluruh pihak dibutuhkan untuk memenuhi cita-cita ini,” masih kata Anis Matta.

“Selain itu, gerakan ini merupakan pelaksaan perintah agama karena di dalam Al Qur’an ada ayat-ayat berisi perintah untuk memuliakan ibu hamil dan melahirkan. Salah satunya dalam Surah Al Ahqaf ayat 15. Inilah alasan kami meluncurkan gerakan ini pada peringatan Hari Ibu 2021 ini,” ucap beliau.

Itulah salah satu gambaran manusia Indonesia masa depan, dengan tinggi badan rata-rata 170 cm sebagai refleksi kecukupan gizi dan nutrisi selama masa tumbuh kembang.

Baca Juga :  Ketua DPD Memimpin Langsung Rakorda Partai GELORA Surabaya, Doddy : "Terimakasih Gus Siroj dan Gus Subhan Sudah Hadir di Acara Rakorda DPD Surabaya"

Gerakan Gen 170 juga yang akan menjadi agenda Partai Gelora ketika memimpin Indonesia: bantuan gizi dan nutrisi sehat untuk ibu hamil, bantuan untuk ibu melahirkan, dan bantuan untuk anak pada 1.000 hari pertama. Setelah itu dilanjutkan dengan kecukupan gizi pada anak berupa program makan siang bergizi dan bervitamin di sekolah-sekolah hingga SMA, Mari bersama-sama wujudkan Gen 170, manusia Indonesia unggul yang mampu menjadi pemimpin dunia dimasa depan.
(Hum/anang)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed