Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaHUKUM & KRIMINALPolda Jatim Olah TKP Gudang Repacking Pupuk Subsidi Menjadi Non Subsidi

Polda Jatim Olah TKP Gudang Repacking Pupuk Subsidi Menjadi Non Subsidi

 

Negesindonesia.com
Surabaya – Tim Unit 4 Subdit 4 Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Ditreskrimsus Polda Jatim terus melakukan pendalaman terhadap kasus pupuk bersubsidi yang di sulap menjadi Non Subsidi, dengan mendatangi tempat yang belokasi di Jalan Raya Dagan, Banjar Anyar, Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.

Ditempat ini terlihat sejumlah pegawai telah melakukan aktivitas menyulap pupuk bersubsidi menjadi Non subsidi, dengan melakukan proses mixing.

AKBP Windy Syafutra Kasubdit 4 Tipidter Polda Jatim menjelaskan. Proses mereka mengolah atau merubah kemasan pupuk bersubsidi dari pemerintah ke kemasan pupuk Non subsidi.

“Yang pertama mereka lakukan adalah mereka mencari dulu bahan pupuk bersubsidi. Setelah mereka dapat dan informasi memang pupuk itu diperoleh dari luar wilayah Jawa Timur, setelah mereka dapat mereka kumpulkan dalam sekian waktu. Kemudian mereka melakukan re-packing,” jelas Kasubdit 4 Tipidter Polda Jatim pada Jum’at (20/5/2022).

Baca Juga :  Polda Jatim Kembali Lakukan Rotasi Jabatan, Berikut Data Kapolres Yang Diganti

Lebih lanjut AKBP Windy Syafutra menjelaskan, proses re-packing mereka adalah yang pertama, pupuk subsidi yang memiliki warna orange itu dimasukkan kedalam mesin mixing yang sudah disiapkan,selanjutnya dicampur dengan pewarna lain, nanti hasilnya menyerupai pupuk Non subsidi.

“Setelah merubah warna pupuk bersubsidi menjadi warna merah hampir menyerupai pupuk Non subsidi baru dikemas ke dalam kemasan karung Non subsidi. Setelah itu mereka langsung packing lagi di tempat. Kemudian mereka kumpulkan, namun belum berhasil diedarkan,” jelasnya.

“Namun dari hasil penyelidik dan penyidikan kami, rencananya mereka akan mengirim ke luar pulau, yaitu kalau tidak salah itu di Kalimantan Timur, Samarinda,” tambahnya Kasubdit 4 Tipidter Polda Jatim.

AKBP Windy Syafutra juga menjelaskan, proses re-packing pupuk bersubsidi menjadi Non subsidi ini berhasil digagalkan, sehingga dilokasi masih banyak timbunan barang bukti, baik barang bukti yang masih asli belum di sulap maupun barang bukti yang sudah di sulap dengan kemasan pupuk Non subsidi dan sudah di Police line.

Baca Juga :  Satreskoba Polres Tulungagung Ringkus Pria Pengedar Pil Double L

“Untuk TKP yang di Desa Paciran ini totalnya pupuk subsidi yang masih berbentuk kemasan asli sebanyak 90ton, atau 1800 kantong kemasan 50kg. Sedangkan kemasan yang sudah berubah atau sudah di re-packing sebanyak 50ton, total yang sudah diamankan sebanyak 140ton atau 2800 kantong,” tandasnya.

“Kalau kita menghitung kerugian negara, kami total dari barang bukti yang berhasil kami amankan sekitar 600 juta rupiah. Itu hanya untuk yang ada di Desa Paciran tersebut. Karena ini memang giat secara keseluruhan ada juga masih di beberapa yang proses penyidikannya ditangani oleh penyidik di masing-masing Polres,” pungkasnya.

Baca Juga :  Kapolrestabes Surabaya Turun Langsung Menemui Mahasiswa Bersama Ketua DPRD Jawa Timur

Perlu di ketahui, pelaku menggunakan pupuk bersubsidi dengan merek Phonska, dan disulap menjadi pupuk Non subsidi dengan merek Kebomas.

Saat ini petugas kepolisian terus melakukan pengembangan dan pemeriksaan terhadap saksi saksi yang terlibat atau penanggung jawab dalam sulap menyulap pupuk bersubsidi menjadi Non subsidi ini.

Menurut Charli salah satu pegawai asal Majalengka saat ditanya perihal pengoplosan pupuk tersebut mengaku tidak tau menau jika yang dilakukannya itu melanggar hukum, ia hanya mengaku bekerja sesuai perintah saja.

“Saya tau pak, saya hanya kerja sesuai perintah atasan, untuk mencari rejeki yang halal,” ucap Charli Pegawai asal Majalengka itu. (hum/@n26)

RELATED ARTICLES

46 KOMENTAR

  1. wonderful post, very informative. I wonder why the opposite specialists of this sector do not realize this.You must proceed your writing. I am sure, you’ve a huge readers’ base already! i want to invite all of you to visit my site.

  2. I’m amazed, I have to admit. Rarely do I encounter a blog that’s both educative and interesting, and let me tell you, you have hit the nail on the head.The issue is something that too few folks are speaking intelligently about.I am very happy I found this in my hunt for something concerning this.

  3. disfuncion erectil herbolario
    [url=https://comprarcialis5mg.org/cialis-5-mg-efectos-secundarios/]cardiol efectos secundarios
    [/url]
    sintomas disfuncion erectil
    medicamento disfuncion erectil
    pastillas disfuncion erectil
    ondas de choque disfuncion erectil
    psicologo disfuncion erectil

    [url=https://comprarcialis5mg.org/disfuncion-erectil/]ondas de choque disfuncion erectil
    [/url]
    https://comprarcialis5mg.org/disfuncion-erectil/
    [url=https://comprarcialis5mg.org/cialis-5-mg-efectos-secundarios/]efectos secundarios buscapina
    [/url]
    [url=https://comprarcialis5mg.org/disfuncion-erectil/]disfuncion erectil medicamentos
    [/url]
    https://comprarcialis5mg.org/cialis-5-mg-precio/

  4. [url=https://itfit.pro/reyting-diet/]поджелудочная железа симптомы заболевания у мужчин лечение таблетки какие лучше диета
    [/url]
    рейтинг диет 2020

    [url=https://itfit.pro/reyting-diet/]мэт фицджеральд диета чемпионов 5 принципов питания лучших спортсменов
    [/url]
    лучшая диета при псориазе

  5. [url=https://xn—77-5cdbj8bmbdpybeobpkdi10a.xn--p1ai/]временная регистрация[/url]

    Наша общество предлагает комплексные услуги по юридическому сопровождению в процессе оформления временной регистрации в Москве. В штате только профильные юристы, которые гарантируют успешное получение ВР в любом регионе для нужный вам срок.

    временная регистрация

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular