oleh

Semburan Lumpur bercampur Gas Dijawa Tengah Bikin Warga Panik.

Negesindonesia.com – Fenomena Alam kembali lagi terjadi kali ini di Jawa Tengah tepatnya Desa Gabusan , Kecamatan Jati , Kabupaten Blora pada hari kamis (27-8-2020) terjadi semburan lumpur yang bercampur gas hingga membuat warga sekitar panik.

Semburan Lumpur yang bercampur gas ini terjadi pada kamis pagi sekitar pukul 05.30 Wib dengan bunyi dentuman yang sangat dasyat dan getarannya berasa hingga sampai satu kilometer sehingga membuat warga sekitar takut dan banyak warga yang panik “Tutur Kepala Desa Gabusan”

Baca Juga :  Neges 059 Per Indah Situs Petilasan Ngobaran

Beliau juga menjelaskan bahwa fenomene alam seperti ini sebelumnya pernah terjadi sekitah yahun 2013 lalu dengan titik lokasi kejadian yang sama “jelasnya”

Semburan Lumpur dan Gas Di Blora Jawa Tengah (Negesindonesia.com)

Hasil penilitian menjelaskan bahwa kejadian tersebut merupakan Gunung Api Lumpur atau yang biasa disebut dengan Mud Volcanoes merupakan sebuah fenomena ekstrusi cairan seperti hidrokarbon dan gas seperti methane. Ekstrusi yang dimaksud disini adalah aktivitas gerakan cairan untuk mencapai permukaan melewati celah-celah batuan.

Baca Juga :  Mentri BUMN lakukan Strategi Penyelamatan Pelaku UMKM

Tidak seperti suhu pada Gunung berapi yang mengeluarkan magma, suhu Mud Volcano ini tentunya lebih rendah. Material yang dikeluarkan Mud Volcano bersifat seperti butiran sangat halus yang tersuspensi dalam cairan, seperti air atau hidrokarbon.

Gas yang diproduksi gunung api lumpur umumnya adalah methan, dengan sedikit kandungan karbondioksida dan nitrogen dan Fenomena ini seperti yang terjadi di sidoarjo pada waktu lalu.(Fq/NI).

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed