LEWAT PENGABDIAN MASYARAKAT, FAKULTAS VOKASI UNIVERSITAS AIRLANGGA TINGKATKAN DAYA SAING UMKM KABUPATEN GRESIK MENUJU PASAR GLOBAL

JATIM, KABAR GRESIK95 Dilihat
Advertisements

Gresik, Negesindonesia.com – Tidak jarang pelaku UMKM menghadapi kegagalan dalam mengembangkan bisnisnya karena kesulitan menyesuaikan diri terhadap tantangan yang ada.

Sebagai upaya untuk menjawab tantangan bisnis yang ada, Fakultas Vokasi Universitas Airlangga berkolaborasi dengan Komunitas Pelopor Usaha Gresik (KPUG) menggelar acara pengabdian kepada masyarakat bertemakan “Strategi Pengembangan Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Omzet UMKM Komunitas Pelopor Usaha Gresik (KPUG) Menuju Pasar Global”.

Acara ini merupakan wujud perhatian dan langkah strategis Fakultas Vokasi Universitas Airlangga untuk mendorong UMKM berdaya saing Global sebagai bentuk sumbangsih pemecahan permasalahan perekonomian Indonesia, mengingat bahwa sektor UMKM adalah pilar ekonomi negara.

Antusiasme pelaku usaha untuk turut serta dalam program pengabdian masyarakat ini sangatlah tinggi, hal tersebut nampak dari keikutsertaan pelaku UMKM di Kabupaten Gresik yang hadir pada acara ini. Rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diwujudkan melalui pendampingan dan pelatihan ini berlangsung pada tanggal 27 Agustus 2023, di Hall Koromi Cafe, Gresik.

Pengabdian Masyarakat ini juga tentunya mendukung pemerintah dalam mewujudkan 17 tujuan SDGs, khususnya dalam mencapai SDGs no.8 (Decent work and economic growth) dan no.9 (Industry, Innovation and Infrastructure) yang terkait dengan usaha mikro kecil menengah.

Baca Juga :  Gresik Sabet 4 Penghargaan Adiwiyata Sekaligus

Penerapan strategi bauran pemasaran pada UMKM di Kabupaten Gresik dilakukan dengan pemberian pelatihan tentang penyusunan Harga Pokok Penjualan (HPP) sebagai dasar menentukan harga jual dan pemanfaatan platform digital untuk melakukan pemasaran. Ketua Pengabdian kepada Masyarakat yang sekaligus merupakan pembicara utama adalah Wahyu Firmandani., S.A., M.Ak., CPMA., CAPF (Dosen Prodi D3 Akuntansi). Yang bersangkutan memberikan panduan dalam menentukan harga pokok penjualan secara terstruktur untuk menentukan harga jual yang kompetitif, menyusun laporan harga pokok penjualan dan laporan laba rugi.

“Penghitungan harga pokok penjualan (HPP) merupakan kunci untuk dapat menentukan harga jual yang kompetitif. Dengan kemajuan teknologi dan keterbukaan pasar tentunya harga jual merupakan indikator pemberat untuk memenangkan hati konsumen baik bagi konsumen pasar domestik maupun konsumen pasar global”, Ujar Wahyu Firmandani.

Pembicara lainnya, Elsha Sophia, S.EI., M.SEI. (Dosen Prodi D4 Perbankan dan Keuangan), membahas tentang digital marketing yang efektif dengan memanfaatkan media sosial, market place dan platform digital lainnya. Ia menjelaskan bagaimana pemanfaatan platform digital terbukti mampu mem-booster suatu bisnis untuk menarik perhatian konsumen dan investor potensial. Dalam materi yang disampaikan, beliau membahas bahwa terdapat perubahan pada pola prilaku konsumen yang beralih dari pasar tradisional ke pasar online.

Baca Juga :  Gelar Rakor Pengamanan Stok BBM dan LPG 3Kg, Gubernur Khofifah: "Stok Pertamina Cukup Masyarakat Jangan Panic Buying" | Negesindonesia

Selain para pembicara, dosen dan mahasiswa dari Fakultas Vokasi Universitas Airlangga diantaranya ialah Izmi Dwira Eriani S.A., M.A., CAPF (Dosen Prodi D3 Akuntansi), Adrian Yahya (Prodi D3 Akuntansi), Belva Abidah Ardelia (Prodi D3 Akuntansi) turut berpartisipasi dalam acara ini, memberikan pendampingan kepada peserta dalam menentukan HPP dan melakukan pemasaran digital.

Pentingnya penetapan harga pokok penjualan dan strategi pemasaran yang tepat merupakan strategi bauran pemasaran yang mutlak harus dimiliki para pelaku bisnis apabila ingin masuk ke pasar Global mengingat tidak sedikit UMKM yang belum menjalankan bisnisnya secara professional sebagaimana perusahaan korporasi. Dengan penentuan harga pokok penjualan (HPP) yang tepat, akan membantu UMKM dalam mendapatkan laba. Sehingga penetapan harga pokok penjualan bagi UMKM menjadi hal penting dan krusial yang tidak boleh diabaikan oleh pelaku UMKM untuk menentukan harga jual yang kompetitif.

Baca Juga :  Sekdaprov Temui Perwakilan Buruh Jatim di Grahadi, Peserta Demo Kecewa

Apalagi pada pasar global, penawaran produk sejenis akan melimpah ruah dan penawaran harga akan menjadi pertimbangan penting pengambilan keputusan konsumen.

Di sisi lain, pemasaran digital adalah langkah strategis untuk dapat menggaet potensi sumber daya tidak hanya di dalam negeri tetapi juga luar negeri. Kemudahan yang ditawarkan dengan memanfaatkan platform digital akan mengefektifkan kinerja promosi dan distribusi suatu bisnis, sehingga efisiensi yang diciptakan semakin tinggi dan keterjangkauan yang dihasilkan semakin luas.

Para pelaku usaha sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka menjadi lebih siap dalam memasuki pasar Global, memahami enterance stratgy pasar global dan tentunya mampu menerapkan strategi bauran pemasaran yang relevan untuk meningkatkan daya saing untuk penciptaan omzet yang lebih baik. Mereka juga berharap bahwa program semacam ini akan terus berkelanjutan dan dapat terus bersinergi dengan Universitas Airlangga.

Program pengabdian masyarakat ini telah memberikan dukungan besar bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Gresik untuk mempersiapkan diri dan berstrategi menuju Pasar Global.

Tinggalkan Balasan

1 komentar

  1. Increase Your Website’s Customer Flow with Matumba studio πŸ˜• Are you losing customers due to low web traffic or don’t have a website yet? πŸ€– We’ll conduct a free audit, demonstrate how to boost traffic, and handle all the necessary tasks to achieve quick results. πŸš€ With our assistance, your website will soar to the top of Google! πŸ’» If you don’t have a web presence, we’ll create the best website tailored to your business, fully prepared for advertising and promotion. 🀠 Don’t miss the chance to increase your client base and profit. Contact us through our studio’s website https://matumba.net using any convenient method. We’ll showcase our work’s results through current client examples and provide advice on internet marketing, SEO promotion, and website development. 😎 We understand how to establish a successful online business. Our studio is at the top positions in Google, and we’re ready to assist you! To unsubscribe from the newsletter please follow this link https://ddsi.page.link/ru