oleh

Dinas Pertanian Gresik Gagas Toko Tani Gresik Centre

Advertisements

Negesindonesia.com – Pemerintah kabupaten Gresik bakal membuka Pasar Mitra Tani/Toko Tani Gresik Centre. Tempat yang direncanakan di Jalan Dokter Wahidin Sudirohusodo tepatnya di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kebomas di depan kantor KPU Gresik.

Untuk merintis upaya ini, Dinas Pertanian Gresik melakukan kegiatan gelar pangan murah berkualitas di belakang kantornya. Gelaran ini direncanakan selama 4 hari yaitu sejak dibuka hari ini sampai Sabtu oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah (Bu Min) pada Selasa (6/4/2021).

Berbagai macam hasil produksi petani Gresik display di stand pameran yang terletak di belakang kantor pertanian tersebut. Ada beras, sayur mayur serta beberapa produk makanan dan minuman yang berbasis hasil pertanian Gresik di gelar disana dengan harga yang sangat murah serta kualitas yang baik.

Misalnya saja beras type IR 64 dengan kualitas medium non poles dijual dengan harga Rp. 43.000 dalam kemasan 5 kilogram. Beras tersebut ternyata cukup bagus dan pulen saat dimasak. Hal ini terlihat Ketika pihak panitia mencoba memasak beras tersebut dan di coba oleh Bu Min Wabup.

Baca Juga :  Bupati Gresik MeLaunching Angkutan Perintis dan Peletakan batu pertama Masjid di Bawean

“Enak, nasinya juga beraroma harum. Sebaiknya seluruh ASN yang ada di Komplek Pemkab Gresik ini  membeli beras disini, karena sangat bagus” kata Wabup berpromosi.

Alasan Bu Min Wabup mempromosikan produk beras petani ini karena dia ingin agar petani Gresik bisa menikmati hasil produksinya dengan harga seuai harga pasar.

“Memang program ini selain melaksanakan program nawa karsa Bupati Gresik yaitu Gresik agropolitan. Program ini juga bertujuan untuk stabilitas harga pangan dengan mengurangi disparitas harga”. Kata Bu Min.

Baca Juga :  Saat Ini Bumdesma Eks PNPM Mandiri Pedesaan Punya Aset Rp. 81,4 miliar

Menurutnya, salah satu caranya memperpendek distribusi, yang mulanya melalui 6 sampai 7 titik distribusi. Dengan program ini bisa menjadi hanya 2 sampai 3 titik distribusi. Hal ini selain menguntungkan masyarakat, petani juga untung karena produksinya bisa dijual sesuai harga pasar.

Melihat produk pertanian Gresik yang bermutu baik ini, Bu Min menggagas selanjutnya produk tersebut bisa dipasarkan di beberapa supermarket di Gresik.

“Beberapa saat yang lalu, Bupati sudah menandatangani MoU dengan salah satu supermarket yang punya banyak gerai di Gresik. semoga nanti bisa kita laksanakan” harampnya optimis.

Baca Juga :  Dugaan Kasus Korupsi Proyek PDAM Gresik Masih Terus Didalami KPK

Eko Anandito Putro Kepala Dinas pertanian Gresik mengatakan, gelaran pasar Murah berkualitas ini akan menjadi cikal bakal Pasar Mitra Tani/Toko Tani Gresik Centre.

“Pada kegiatan ini kami mengikutkan para petani program Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat yang tersebar di delapan Kecamatan di Gresik. Semoga upaya ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed